Kamis, 23 April 2015

ABSTRAK










Kearsipan merupakan bagian pekerjaan kantor yang sangat penting. Informasi tertulis yang tepat harus tersedia apabila diperlukan agar kantor dapat memberikan pelayanan yang efektif. Kearsipan sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan administrasi karena arsip merupakan pusat ingatan bagi setiap kegiatan dalam suatu kantor. Tanpa arsip tidak mungkin seorang petugas arsip dapat mengingat semua catatan dan dokumen secara lengkap.
Pengelolaan dokumen akta kelahiran pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil banyuwangi sudah dilakukan secara komputerisasi menggunakan aplikasi DDMS pro lite. Namun, adanya kesalahan program (error) pada sistem tersebut mengakibatkan data yang salah dalam penulisan tidak dapat diubah sehingga data tidak akurat dan menjadi kendala untuk kelancaran pelayanan dokumen. Oleh karena itu, peneliti memberikan solusi yaitu dengan dibuatnya suatu program baru untuk pengarsipan akta kelahiran dinas kependudukan dan pencatatan sipil banyuwangi menggunakan borland delphi 7.0 dan database mysql.
Dalam pembuatan program pengarsipan akta kelahiran dinas kependudukan dan pencatatan sipil banyuwangi ini peneliti melakukan analisis yang digambarkan dengan block chart, DFD, dan flowchart. Peneliti melakukan perancangan database dan perancangan interface, kemudian mengimplementasikan desain sistem serta evaluasi. Program yang dibuat oleh peneliti menggunakan borland delphi 7.0 dan database mysql ini menghasilkan aplikasi baru yang dapat menunjang pengelolaan arsip dan pelayanan dokumen kependudukan pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil banyuwangi secara efektif dan efisien. Adanya kemudahan dalam pendataan akta kelahiran secara komputerisasi dan penyimpanannya serta menemukan kembali arsip tersebut ketika dibutuhkan dapat meningkatkan kinerja dinas kependudukan dan pencatatan sipil banyuwangi dalam pelayanan dokumen.


Kata kunci: pengarsipan, borland delphi 7.0, mysql.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar